Rabu, 17 Agustus 2016

Kirab Budaya

Di Banjarnegara, tepatnya ketika perayaan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara, selalu diadakan acara kirab budaya. Kirab ini sendiri merupakan tradisi tiap tahun yang dilaksanakan setiap tanggal 22 Agustus. Kirab Gunungan merupakan salah satu dari serangkaian acara Kirab Budaya. Gunungan berisi makanan beupa jajanan pasar dan beraneka macam hasil bumi yang menjadi lambang kemakmuran masyarakat Banjarnegara. Gunungan dibawa oleh beberapa orang dari Banjar Watu Lembu, Desa Banjarkulon, Kecamatan Banjarmangu menuju Pendapa Dipayuda Adi Graha Banjarnegara. Hal ini diibaratkan sebagai pemindahan ibukota pemerintahan dari Banjar Watu Lembu ke Banjarmangu menuju kota Banjarnegara. Nantinya, gunungan ini akan diperebutkan oleh penduduk sekitar karena dipercaya makanan dari gunungan ini mengandung berkah.
Ritual gunungan seperti ini mereferensi tradisi grebeg di Keraton Yogyakarta. Bedanya, gunungan di Banjarnegara terdiri dari 3 gunungan yang berisi makanan dan jajan pasar, sayur dan buah-buahan serta hasil bumi yang lain.
Jika ingin menikmati rangkaian acara Kirab Budaya, datanglah ke Banjarnegara pada tanggal 22 Agustus setiap tahunnya. Acara ini dibuka untuk umum serta tidak dipungut biaya.

Sebagai salah satu penduduk Banjarnegara, saya senang ada hal semacam ini di kota saya. Selain memiliki nilai sejarah karena menyangkut sejarah berdirinya kota Banjarnegara, acara ini juga memiliki nilai budaya dan religi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar