Kamis, 25 Agustus 2016

Festival Serayu Banjarnegara

Merupakan festival yang diselenggarakan tiap 2 tahun sekali di Kabupaten Banjarnegara. Latar belakang festival ini sendiri yaitu mengartikan nilai penting dari Sungai Serayu bagi masyarakat Banjarnegara dengan tujuan memberitahukan sejarah Sungai Serayu, kondisi sungai, upaya Serayu sebagai objek wisata, upaya penyelamatan Daerah Aliran Sungai Serayu, mengoptimalkan potensi Serayu secara maksimal dan mengenalkan Serayu kepada masyarakat luas baik lokal maupun asing. Festival ini dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apapun. Selain tujuan diatas, tujuan yang lain yaitu menjadikan Banjarnegara lebih dikenal dan mengembangkan berbagai potensi yang ada di dalamnya baik itu wisata, budaya, ekonomi dan sosial.
Event yang digelar pada Festival Serayu antara lain Parade Budaya yang mengenalkan potensi seni, budaya dan pariwisata dan digelar di sepanjang Jl. Dipayuda Banjarnegara.

Selanjutnya ada Pesta Parak Iwak yang menjadi bentuk rasa syukur masyarakat Banjarnegara terhadap peran Sungai Serayu. Di event ini, ribuan orang akan turun ke Sungai Serayu untuk menangkap ikan-ikan yang ada tanpa dipungut biaya apapun.

Lalu  ada Gelar Seni yang menjadi ajang hiburan kesenian dan diadakan di Alun-alun Banjarnegara serta Stadion Kolopaking.
Kemudian Serayu Expo, adalah gelaran produk ekonomi kreatif tingkat Jawa Tengah yang menampilkan hasil karya anak bangsa.
Event berikutnya yaitu Banjarnegara Hijau yang menjadi ajang dimana masyarakat Banjarnegara secara serentak menanam pohon sembari mendengarkan musik yang diputar.
Untuk event yang lain ada Banjarnegara Bersholawat, Lomba Foto, Pameran Lukisan, Pentas Musik, Fun Bike, Lomba Masak, Gerak Jalan Gayeng, Lomba Dolanan Anak, Gelar Film Indi dan lain-lain.

Festival ini hanya ada di Banjarnegara sebagi bentuk rasa syukur dan pengenalan budaya Banjarnegara kepada masyarakat luas. Tidak jarang beberapa jajaran orang ternama seperti Bapak Ganjar Pranowo, Bapak Hatta Rajasa, Ibu Marie Elka Pangestu serta orang ternama lainnya turut menghadiri beberapa event bahkan meresmikan event tersebut.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar