Kamis, 06 Oktober 2016

Museum Universitas Gadjah Mada

Museum UGM terletak di Universitas Gajah Mada, Bulaksumur, Blok D-6 & D-7, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Berada satu area dengan Grha Sabha Pramana, membuat Museum UGM mudah untuk diakses. Museum ini buka setiap Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 dengan biaya masuk gratis.
Museum UGM berisi sejarah berdirinya UGM sebagai universitas tertua di Indonesia dan bertujuan untuk menggambarkan perjalanan awal UGM termasuk perjuangan para tokoh pendiri UGM serta sumbangsih dari mahasiswa dan dosen UGM kepada masyarakat dan pemerintah sekaligus menunjukkan berbagai benda-benda peninggalan tokoh yang berperan besar dalam pendirian UGM kepada masyarakat umum terutama civitas akademika UGM. Museum UGM dirintis sejak tahun 2000-an. Ketika era kepemimpinan Prof. Dr. Ichlasul Amal, muncul gagasan mendirikan museum di tingkat universitas atas usul dari prof. Dr. T. Jacob. Pada tahun 2011-2012, minat untuk mendirikan museum berlanjut dengan adanya penelitian dari Tim Peneliti Pusat Studi Pancasila untuk mendapat gambaran mengenai isi dari Museum UGM itu sendiri.
Uniknya, di museum ini terdapat kamar yang menjadi tempat tinggal sementara Barrack Obama selama berada di Yogyakarta. Kamar tersebut berisi tempat tidur, meja kerja dan foto-foto selama Obama berada di Indonesia. Ada juga replika roket yang diluncurkan oleh mahasiswa UGM, foto-foto dari tokoh pendiri UGM, gambaran mengenai denah awal UGM dan lain sebagainya.

Keberadaan Museum UGM bisa menjadi alternative bagi mahasiswa yang ingin mengenal lebih dekat mengenai almamaternya. Tidak hanya bagi mahasiswa, masyarakat umum juga bisa mengenal lebih jauh tentang UGM karena museum ini dibuka untuk umum. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar